Belajar dan Berbagi

Senin, 05 Maret 2012

Membuat File PDF dengan Mudah

PDF (Portable Document Format) dibuat dan digunakan untuk tujuan kemudahan sekaligus keamanan dokumen. Standar untuk keamanan dalam pertukaran informasi dengan cara elektronik, PDF diakui, dan sering digunakan oleh industri dan pemerintahan di seluruh dunia. Diciptakan oleh Adobe pada tahun 90-an, PDF selalu menjadi spesifikasi terbuka, yang berarti bahwa perusahaan lain dapat membuat produk dan layanan yang bisa membaca file PDF.

File PDF dapat dibuat, dilihat dan dicetak dari hampir setiap platform termasuk Apple Macintosh OS X ®, Microsoft ® Windows ®, UNIX ® dan LINUX serta berbagai platform mobile dan perangkat lainnya. Ketika berbagi informasi di seluruh platform, file PDF akan terlihat sama persis seperti dokumen asli, menampilkan teks, tata letak, gambar, grafis 3D, grafis yang penuh warna, foto, informasi sumber file dan bahkan logika bisnis, terlepas dari aplikasi yang digunakan untuk menciptakan PDF atau sistem operasi yang PDF akan dilihat.

Berikut beberapa aplikasi gratis/opensource yang dapat dijadikan alternatif untuk menghasilkan pdf.

1. Add-In pada Microsoft Office 2007

Download software add in gratis dari Microsoft:

Setelah anda menginstal add-in tersebut, buka dokumen yang ingin dipublikasikan tergantung pada program yang anda gunakan, kemudian pilih Save or Publish to PDF or XPS dari menu Office.


2.  CutePDF Writer

CutePDF Writer merupakan versi gratis dari software komersial PDF converter. CutePDF Writer menginstall dirinya sebagai  “printer subsystem”. Sehingga memungkinkan hampir semua aplikasi dari Windows dapat mencetak atau mengkonversi dokumen berbentuk PDF.

CutPDF Writer walaupun gratis, tidak ada watermarks juga Popup Web Ads pada dokumen PDF yang dihasilkan. Untuk dapat memanghasilkan file PDF, CutePDF Writer memerlukan PS2PDF converter seperti Ghostscript.

Download selengkapnya (termasuk PS2PDF) disini :


Untuk menginstall CutePDF memang diperlukan 2 file tersebut. Untuk mengubah (konvert) file apapun menjadi file PDF, caranya menuju menu "Print" atau "Print file" pada aplikasi apapun yang ingin kita ubah filenya menjadi file PDF. Selanjutnya ubah / pilihlah "CutePDF Writer" pada pilihan printer yang tersedia.

3. PrimoPDF

PrimoPDF juga diinstall sebagai virtual printer, sehingga kita bisa mencetak untuk menghasilkan file PDF. Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain :
  • Fasilitas untuk mengoptimalkan hasil untuk screen (prioritas utama untuk dibaca), print (standard laser printer), ebook, dan prepress.
  • Menambah keamanan dengan enkripsi 40- or 128-bit.
  • Menambah informasi dokumen (title, author, subject, keywords) pada file PDF yang dihasilkan.
  • Mendukung double byte character.
  • Mendukung non-true type fonts.
  • Kemampuan untuk menggabung atau menambahkan PDF ketika di konversi.
Silahkan download di sini: PrimoPDF

4. Pdf955 Suite

Produk Pdf995 Suite terdiri atas:

Pdf995: mempermudah kita dalam membuat dokumen dengan format file PDFsecara profesional dan  berkualitas. Untuk membuat file PDF, anda hanya memilih perintah "print" dari aplikasi apapun. Pdf995 mendukung jaringan penyimpanan file, shared printing, Citrix / Terminal Server, mengkustom ukuran halaman dan mencetakan dengan format besar.

PdfEdit995: menawarkan banyak fungsi tambahan, seperti: menggabungkan dokumen ke dalam satu file PDF, penambahan link secara otomatis, penyisipan bookmarks, konversi PDF ke format HTML atau DOC (hanya teks); terintegrasi dengan toolbar Word dengan isi tabel otomatis dan generasi Link, autoattach ke email, alat tulis dan stamping dan lainny.

Signature995: menawarkan keamanan dan enkripsi untuk melindungi dokumen anda dan menambahkan tanda tangan digital.

Software ini bisa anda download langsung ke sittusnya: Pdf995 Suite

Software ini merupakan solusi lengkap anda untuk kebutuhan penerbitan dokumen. Menyediakan kemudahan penggunaan, format yang fleksibel, standar keamanan industri dan semuanya gratis.

0 komentar:

Posting Komentar

 

G3 COMMUNITY

Traffic Blog

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes