Belajar dan Berbagi

Senin, 05 Maret 2012

CAPTCHA

Pada saat kita mendownload sebuah file dari situs-situs kesayangan kita, seperti file musik, gambar, software, film dan lain sebagainya, kita pasti sering menemukan formulir web yang satu ini.

Sebuah CAPTCHA adalah bagian dari formulir web yang berfungsi untuk memastikan bahwa orang yang mengisi formulir tersebut memang benar manusia, bukan komputer. Tujuan dari CAPTCHA adalah untuk mengurangi jumlah spam yang diterima dalam berbagai bentuk. Mencegah hacker dan spammer menggunakan software pengisian auto pada halaman web.

Nama CAPTCHA adalah merek dagang dari Carnegie Mellon University dan CAPTCHA sendiri adalah kependekan dari "Completely Automated Public Turing test to Tell Computers and Humans Apart".

Pengucapan: kæptʃə

CAPTCHA sering disebut sebagai membalikkan Turing tes (reverse Turing testskarena mereka dikelola atau diproses oleh komputer yang mencoba untuk membuktikan bahwa yang mengambil tes tersebut adalah manusia.

Turing Tes ditemukan oleh Alan Turing sebagai dialog antara manusia dan komputer, di mana manusia tidak bisa mengatakan bahwa mereka berbicara dengan komputer. Jadi Turing tes sebaliknya akan menentukan ketika komputer adalah bukan manusia.

Mengapa CAPTCHA online diperlukan?

CAPTCHA digunakan untuk mencegah hacker menyalahgunakan layanan online. Khususnya: hacker dan spammer yang akan melakukan aktivitas online tidak etis, seperti:

  • Mengisi polling online oleh robot yang mengirimkan ratusan tanggapan palsu.
  • Brute-force (memaksa) membuka akun online seseorang berulang kali dengan memakai password yang berbeda.
  • Mendaftar ke ratusan akun email gratis.
  • Spamming blog dan berita dengan puluhan komentar palsu dan link mesin pencari (search engine links).
  • Scraping (menyalin) alamat email orang dari halaman web, kemudian digunakan untuk serangan spam.
  • Memalsukan jumlah pengunjung torrent dan umpan balik (feedback) positif untuk memikat orang agar mengunduh muatan trojan (virus/worm).

Tes CAPTCHA dapat menghentikan 90% dari serangan hacker di atas dengan memblokir perangkat lunak robot yang mengirimkan permintaan secara online.

Bagaimana CAPTCHA Bekerja?

CAPTCHA bekerja dengan meminta Anda untuk mengetik frase yang robot akan kesulitan untuk membacanya. Umumnya, ungkapan-ungkapan CAPTCHA adalah gambar gif kata-kata yang dicoret, tetapi dapat juga berbentuk rekaman suara mp3. Foto-foto dan rekaman sangat sulit untuk dipahami software konvensional, oleh karena itu robot biasanya tidak dapat mengetikkan/mengenali kalimat dalam bentuk gambar atau rekaman.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar

 

G3 COMMUNITY

Traffic Blog

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes