Belajar dan Berbagi

Selasa, 28 Februari 2012

Tutorial Instalasi Windows XP Profesional

Operating System seperti Windows XP sampai saat ini masih banyak digunakan. Walaupun dalam proses intalasinya membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi tinggal dibutuhkan kesabaran dari anda sendiri dalam melakukan proses instalasi ini. 

Tahapannya adalah sebagai berikut: 

1. Hidupkan PC/laptop anda, segera setelah PC menyala, masukkan CD Instalasi Windows XP ke dalam CD/DVD ROM. Selanjutnya segera tekan tombol F2 atau Delete untuk masuk ke BIOS. Pilih Boot, Boot Device Priority seperti contoh pada gambar.


2. Pilih 1st Boot Device ke CD Room Drive dan tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi.


3. Restart komputer tunggu hingga muncul tulisan Press any key to boot from CD... lalu tekan sembarang tombol dengan cepat.

4. Sesaat kemudian, Windows akan memulai Instalasi seperti gambar berikut ini.


5. Pada tampilan berikut tekan Enter untuk lanjut pada proses instalasi atau R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Consule atau F3 untuk mengakhiri/membatalkan proses instalasi.


6. Lanjut pada Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut dan ESC untuk membatalkan proses.


7. Pada gambar posisi partisi belum terisi oleh sistem windows. Tekan C untuk membuat partisi baru pada harddisk dan Enter untuk menginstal (asumsi anda akan membuat partisi setelah proses instalasi selesai).


8. Pada gambar di bawah kondisi Hardisk dalam keadaan belum dipartisi atau dibagi dalam beberapa bagian dengan kapasitas 10 GB. Isi ukuran partisi sesuai besar harddisk dan kebutuhan Anda dalam satuan MB. Pada contoh ini akan dibuat partisi pada drive C sebesar 5 GB dengan mengetikkan 5000 MB (5 GB) pada create partition of size. Selanjutnya tekan Enter.


9. Hasil partisi Anda akan tampak seperti gambar berikut, pada drive C telah di set 5GB tetapi biasanya dituliskan dengan angka 4997 MB. Arahkan pointer pada posisi Unpartitioned Space dan tekan tombol C untuk membuat partisi kedua, lalu tekan Enter.


10. Setelah selesai dengan proses partisi, Arahkan pada partisi paling atas dan tekan Enter.


11. Akan muncul pilihan format harddisk, Untuk harddisk yang baru dipasang (belum pernah dipergunakan), saya sarankan Anda untuk memilih Format dengan cara ketiga, yakni Format the partition using the NTFS file system kemudian tekan Enter.


12. Setelah selesai proses format, Windows akan menyalin file yang dibutuhkan untuk instalasi seperti ilustrasi berikut, tunggu beberapa saat.


13. Setelah proses penyalisan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart. Untuk mempercepat proses restart, Anda bisa tekan Enter.


14. Saat booting kali ini, Anda tidak perlu menekan tombol apapun. Tunggu saja hingga tampil gambar berikut.




15. Setelah sampai pada layar berikut Click Next.


16 Isikan dengan Nama dan Organisasi sesuai dengan keinginan Anda kemudian tekan Next.


17. Masukkan Nomor Serial Number Instalasi Windows Anda. Anda bisa temukan nomor yang terdiri dari lima kelompok kode ini di dalam lembar khusus dalam casing CD Original Anda dalam stiker yang mirip dengan meterai, kemudian tekan Next.


18. Masukkan Computer Name anda, apabila anda menginginkan komputer anda dengan proteksi login dengan password, maka silakan mengisi box password, tetapi jika anda tidak memerlukan proteksi login pada komputer anda, biarkan ke dua box di bawah kosong lalu klik Next.


19. Masukkan informasi Waktu dan Tanggal yang tepat. Pilih Wilayah Waktu di mana Anda berada. Untuk Wilayah Indonesia Bagian barat, silakan pilih ‘GMT+07.00 Bangkok, Hanoi, Jakarta‘ kemudian tekan Next.


20. Pilihan ini menampilkan pengaturan jaringan, jika Anda tidak memahami atau tidak ingin menyetting sekarang, silakan tekan tombol Next. Ingat, kita tetap bisa mengatur jaringan nanti saat proses Instalasi sudah selesai.


21. Pada tampilan Workgroup or Computer Domain, Tekan tombol Next.


22. Tekan tombol OK untuk lanjut ke loading windows untuk pertama kalinya.


23. Kemudian akan ada tampilan seperti gambar berikut.


24. Klik Next untuk lanjut ke proses berikutnya.


25. Pada tampilan Help protect your PC pilih Not right now, kemudian klik Next.


26. Selanjutnya, komputer akan mengecek koneksi ke Internet, pilih Skip.


27. Pada pilihan register Windows, silakan pilih No, no at this time lalu Klik Next.


28. Pada step kali ini anda diharuskan untuk mengisi nama user pada komputer anda, anda bisa mengisi beberapa user sesuai dengan kebutuhan anda kemudia klik Next.


29. Penginstalan windows PC atau Laptop anda telah usai silakan klik Finish untuk mengakhiri.


30. Untuk pertama kalinya anda melihat tampilan windows anda seperti ini. Sekarang Kamu tinggal menginstal driver hardware CPU Kamu.


Terima kasih atas perhatian anda, semoga tutorial ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

G3 COMMUNITY

Traffic Blog

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes