Belajar dan Berbagi

Jumat, 09 Maret 2012

Pengenalan Jaringan Komputer

Pendahuluan

Sebuah jaringan komputer dapat terdiri dari dua buah komputer yang saling terhubung.


Sebuah jaringan komputer biasanya dibuat untuk lebih dari dua buah komputer:


Karakteristik Jaringan Komputer 

Tujuan utama dari jaringan komputer adalah untuk berbagi sumber data dan informasi:
  1. Anda dapat memainkan CD musik yang filenya berada di komputer lain.
  2. Anda mungkin memiliki komputer yang tidak memiliki DVD atau BluRay (BD) player. Dalam hal ini, anda dapat menempatkan disc film (DVD atau BD) pada komputer yang memiliki perangkat tersebut, dan kemudian melihat film di komputer yang tidak memiliki perangkat itu.
  3. Anda mungkin memiliki komputer dengan CD writer / DVD / BD atau sistem cadangan tapi komputer lain tidak memilikinya. Dalam hal ini, anda dapat membakar (burn disc) disk atau membuat backup pada komputer lain yang memiliki perangkat itu.
  4. Anda dapat menghubungkan printer (atau scanner, atau mesin fax) dalam suatu jaringan, sehingga komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut dapat menggunakannya.
  5. Anda dapat membuat file dan menyimpannya dalam satu komputer, kemudian mengakses file dari komputer lain yang terhubung dalam jaringan.
Jaringan Peer-to-Peer

Berdasarkan tata letak mereka (bukan fisik tapi tata letak yang dibayangkan, juga disebut sebagai topologi), ada dua jenis jaringan. Sebuah jaringan yang disebut sebagai peer-to-peer jika kebanyakan komputer tersebut adalah sama dan menjalankan sebuah workstation sistem operasi.


Ini biasanya merupakan campuran dari Microsoft Windows 9X, Me, Windows XP Home Edition, atau Windows XP Professional (anda juga dapat menghubungkan Novell SUSELinux sebagai bagian dari jaringan berbasis Windows Microsoft).

Dalam sebuah jaringan peer-to-peer, setiap komputer memiliki file dan sumber daya dan informasi. Komputer lain dapat mengakses sumber daya pada komputer lain, tetapi komputer yang memiliki sumber daya tersebut harus diaktifkan agar komputer yang mau mengakses dapat mengambil sumber daya yang dimilikinya. Misalnya, jika printer terhubung ke komputer A dan komputer B ingin memakai printer tersebut, maka komputer A harus diaktifkan terlebih dahulu

Jaringan Client / Server

Sebuah jaringan komputer yang disebut sebagai client / server setidaknya salah satu komputer digunakan sebagai "server" untuk melayani komputer lain disebut sebagai "client". Selain komputer, jenis-jenis perangkat (device) dapat menjadi bagian dari suatu jaringan.


Dalam lingkungan client / server, setiap komputer masih memegang (atau masih bisa menampung) (atau beberapa) sumber daya dan file. Komputer lain juga dapat mengakses sumber daya yang disimpan dalam komputer lainnya, seperti dalam skenario peer-to-peer. Salah satu kekhasan / ciri dari jaringan client / server adalah bahwa file dan sumber daya yang terpusat. Ini berarti bahwa komputer server, dapat menahan komputer lain untuk dapat mengaksesnya. Karena komputer server selalu aktif, komputer client dapat mengakses file dan sumber daya tanpa peduli apakah komputer yang lainnya (yang ingin diakses) aktif atau tidak.

Keuntungan lain dari jaringan client / server adalah bahwa keamanan dapat dibuat, dikelola, dan sangat bisa ditegakkan. Untuk mengakses jaringan, seseorang yang disebut sebagai pengguna (user) harus menyediakan beberapa identitasnya, termasuk username dan password. Jika data user tersebut tidak valid, pengguna dapat dicegah untuk dapat mengakses jaringan.

Jenis jaringan client / server juga memberikan keuntungan lain seperti backup secara terpusat, kemampuan Intranet, pemantauan internet, dll.

0 komentar:

Posting Komentar

 

G3 COMMUNITY

Traffic Blog

Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes